- Air bermassa 200 gram berada pada suhu 20° C dipanasi hingga suhu 100° C. Jika kalor jenis air adalah 1 kal/gr ° C tentukan jumlah kalor yang diperlukan, nyatakan dalam satuan kalori!
- Air bermassa 400 gram berada pada suhu 0° C dipanasi hingga mendidih. Jika kalor jenis air adalah 4200 J/kg ° C tentukan jumlah kalor yang diperlukan, nyatakan dalam satuan joule!
- Es massa 200 gram bersuhu − 5°C dipanasi hingga suhunya menjadi − 1° C, jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/gr ° C. Tentukan berapa kalori kalor yang diperlukan dalam proses tersebut!
- Es bermassa 100 gram berada pada suhu 0°C dipanasi hingga seluruhnya melebur menjadi air yang bersuhu 10 °C. Tentukan jumlah kalor yang diperlukan untuk proses tersebut! (Kalor lebur es = 80 kal/g, Kalor jenis air = 1 kal/g0C )
- Es bermassa 250 gram bersuhu − 5° C dipanasi hingga melebur menjadi air bersuhu 0°C. Jika kalor jenis es 0,5 kal/gr°C, dan kalor lebur es adalah 80 kal/gr, tentukan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut!
- Es bermassa 100 gram bersuhu − 5° C dipanasi hingga melebur menjadi air bersuhu 100°C. Jika kalor jenis es 0,5 kal/gr°C, kalor jenis air adalah 1 kal/gr°C dan kalor lebur es adalah 80 kal/gr, tentukan jumlah kalor yang diperlukan untuk proses tersebut!
- Air bersuhu 20°C dengan massa 100 gram dicampur dengan air bersuhu 90°C bermassa 400 gram. Tentukan suhu akhir campuran!
- Sepotong logam dengan kalor jenis 0,15 kal/gr°C bermassa 100 gram bersuhu 30°C dimasukkan pada bejana berisi air yang bersuhu 90°C bermassa 300 gram. Jika kalor jenis air adalah 1 kal/gr°C dan pengaruh bejana diabaikan tentukan suhu akhir logam!
SOAL LATIHAN KALOR
SOAL LATIHAN PEMUAIAN
1. Pada suhu 20oC panjangnya 2 m. Jika
koefisien muai panjang logam 0,0005/oC, maka panjang logam pada suhu
120oC adalah ….
2. Sebatang logam dengan panjang 5 m dipanaskan hingga mengalami kenaikan suhu 20oC. jika koefisien
muai panjang tembaga 0,000017/oC tentukan pertambahan panjang logam
tersebut!
3. Sebutkan factor yang mempengaruhi pertambahan panjang
sebatang logam !
4. Jelaskan hubungan antara sifat anomali air terhadap
massa jenis air!
5. Sebatang logam yang panjangnya 10 cm memiliki koefisien
muai panjang 0,00001/oC. tentukan panjang logam tersebut a pabila
logam dipanaskan sehingga terjadi kenaikan suhu 50oC !
6. Jelaskan prinsip kerja keping bimetal ketika dipanaskan / di
dinginkan!
7. Sebatang logam dengan koefisien muai panjang a
mula-mula panjangnya l0.
Apabila logam itu dipanasi sehingga terjadi kenaikan suhu Dt, tentukan pertambahan panjang logam tersebut!
8. Jelaskan
perpindahan kalor secara konduksi , konveksi dan radiasi!
9. Sebutkan contoh penerapan kalor secara konduksi ,
konveksi dan radiasi!
10. pakaian
warna hitam apabila dijemur akan lebih cepat kering daripada pakaian warna
putih. Hal ini disebabkan karena ….
11. Koefisien
muai panjang baja adalah a
= 0,000012/oC. Apakah artinya?
12. Sebatang
logam terbuat dari baja (a = 0,000012/oC) pada suhu 20oC panjangnya 10 cm.
Berapakah panjang baja pada suhu 100oC?
13. Sebatang
tembaga (a = 0,000017/oC)
pada suhu 20oC panjangnya 80 cm. Berapakah pertambahan panjang
tembaga apabila dipanaskan sampai suhu 100oC?
14. Apakah
yang dimaksud dengan anomali air? Jelaskan.
15. Apakah
yang dimaksud bimetal? Jelaskan.
16. Mengapa
kaca jendela yang bingkainya dibuat dari kayu ketika hujan deras tiba-tiba
pecah?
17. Jelaskan
perbedaan antara konduktor dan isolator?
18. Sebuah
cincin baja pada suhu 20oC memiliki jari-jari 5 cm. Cincin itu akan
dipasang pada sebuah bingkai yang jari-jarinya 5,02 cm. Jika koefisien muai
panjang baja 0,000012/oC, sampai suhu berapakah cincin harus
dipanaskan supaya dapat masuk pada bingkainya?
19. Suatu
bejana gelas dengan volume 500 cm3 pada suhu 30oC diisi
alkohol sampai penuh. Jika bejana itu dipanaskan sampai suhu 100oC
adakah alkohol yang tumpah? (koefisien muai panjang gelas 0,000009/oC,
koefisien muai volume alkohol 0,00120/oC).
LATIHAN SOAL KONVERSI SUHU
- Suhu suatu benda ketika diukur menggunakan termometer Celcius menunjukkan nilai 250C, nyatakan suhu benda tersebut ketika diukur dengan menggunakan termometer Reamur, Fahrenheit dan Kelvin
- Suhu suatu benda ketika diukur menggunakan termometer Fahrenheit menunjukkan nilai 920F, nyatakan suhu benda tersebut ketika diukur dengan menggunakan termometer Reamur, Celcius dan Kelvin
- Suhu suatu benda ketika diukur menggunakan termometer Reamur menunjukkan nilai 320R, nyatakan suhu benda tersebut ketika diukur dengan menggunakan termometer Celcius , Fahrenheit dan Kelvin
- Suhu suatu benda ketika diukur menggunakan termometer Kelvin menunjukkan nilai 333K , nyatakan suhu benda tersebut ketika diukur dengan menggunakan termometer Reamur, Fahrenheit dan Celcius
- Termometer Fahrenheit akan menunjukkan nilai dua kali skala termometer Celcius ketika mengukur benda bersuhu….
- Termometer Fahrenheit akan menunjukkan nilai yang sama dengan skala termometer Celcius ketika mengukur benda bersuhu….
- Termometer Fahrenheit akan menunjukkan nilai yang sama dengan skala termometer Reamur ketika mengukur benda bersuhu….
- Termometer A menunjukkan skala 200A ketika dicelupkan kedalam es yang sedang melebur dan 1400A ketika dicelupkan kedalam air yang sedang mendidih. Termometer A dan Celcius dicelupkan kedalam cairan yang sama. Tentukan skala yang ditunjukkan termometer A ketika Celcius menunjukkan nilai 300C!
- Termometer X menunjukkan skala 100X ketika dicelupkan kedalam es yang sedang melebur dan 1700X ketika dicelupkan kedalam air yang sedang mendidih. Termometer X dan Celcius dicelupkan kedalam cairan yang sama. Tentukan skala yang ditunjukkan termometer Celcius ketika thermometer X menunjukkan nilai 500X!
- Panjang kolom raksa dalam termometer 4 cm ketika dicelupkan kedalam es yang sedang melebur dan 20 cm ketika dicelupkan kedalam air mendidih. Tentukan panjang kolom raksa ketika dicelupkan kedalam cairan bersuhu 400C
LATIHAN SOAL HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
- Koefisien gesek statis antara sebuah lemari kayu dan lantai kasar suatu bak truk sebesar 0,75. Jadi, percepatan maksimum yang masih boleh dimiliki truk agar lemari tetap tak bergerak terhadap bak truk itu adalah . .
- Sebuah benda bermassa 2 kg terletak di tanah. Benda itu ditarik vertikal ke atas dengan gaya 25 N selama 2 detik lalu dilepaskan. Jika g = 10 m/s2, energi kinetik benda pada saat mengenai tanah adalah . . . .
- Sebuah mobil massanya 2 ton dan mula-mula diam. Setelah 5 detik kecepatan mobil menjadi 20 m/s. Gaya dorong yang bekerja pada mobil ialah . . . .
- Mobil 700 kg mogok di jalan yang mendatar. Kabel horizontal mobil derek yang dipakai untuk menyeretnya akan putus jika tegangan di dalamnya melebihi 1400 N (q = 10 m/s2). Percepatan maksimum yang dapat diterima mobil mogok dan mobil derek adalah ....
- Pada sebuah benda yang bergerak, bekerja gaya sehingga mengurangi kecepatan gerak benda tersebut dari 10 m/s menjadi 6 m/s dalam waktu 2 detik. Bila massa benda 5 kg, besar gaya tersebut adalah ....
- Jika gaya sebesar 1 N bekerja pada benda 1 kg yang dapat bergerak bebas, maka benda akan mendapat . . ..
- A naik bus yang bergerak dengan kecepatan 40 km/jam. Tiba-tiba bus direm secara mendadak, akibatnya A terdorong ke muka. Hal ini disebabkan karena ....
- Sebuah benda sedang meluncur pada suatu bidang miring dengan kecepatan konstan, ini berarti . . . .
- Suatu benda bermassa 2 kg yang sedang bergerak, lajunya bertambah dari 1 m/s menjadi 5 m/s dalam waktu 2 detik bila padanya beraksi gaya yang searah dengan gerak benda, maka besar gaya tersebut adalah ....
- Sebuah mobil massanya 1 ton selama 4 detik kecepatannya bertambah secara beraturan dan 10 m/det menjadi 18 m/det. Besar gaya yang mempercepat mobil itu adalah ....
- Benda massanya 2 kg berada pada bidang horizontal kasar. Pada benda dikerjakan gaya 10 N yang sejajar bidang horizontal, sehingga keadaan benda akan bergerak. Bila g = 10 m/s^2, maka koefisien gesekan antara benda dan bidang adalah ....
- Benda beratnya 98 newton (g = 10 m/s2) diangkat dengan gayavertikal ke atas sebesar 100 newton, maka percepatan yang dialami benda ....
- Sebuah benda massanya 4 kg terletak pada bidang miring yang licin dengan sudut kemiringan 45 derajat terhadap horizontal. Jadi, besar gaya yang menahan benda itu…. (g = 10 m/s2)
- Kalau kita berada dalam sebuah mobil yang sedang bergerak, kemudian mobil tersebut direm, maka badan kita terdorong ke depan, hal ini sesuai …..
- Pada benda bermassa m bekerja gaya F ke atas yang menimbulkan percepatan a (percepatan gravitasi = g). Hubungan besaran tersebut dapat dirumuskan …..
- Sebuah elevator yang massanya 1500 kg diturunkan dengan percepatan 1 m/s2. Bila percepatan gravitasi bumi g = 9,8 m/s2, maka besarnya tegangan pada kabel penggantung sama dengan……
- Gaya gesek pada benda yang bergerak di atas lantai kasar …..
- Dari hukum Newton II dapat disimpulkan bahwa jika gaya yang bekerja pada sebuah benda berubah, maka . . . .
- Seorang yang massanya 80 kg ditimbang dalam sebuah lift. Jarum timbangan menunjukkan angka 1000 newton. Apabila percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2 dapat disimpulkan bahwa....
- Sebuah benda massanya 2 kg terletak di atas tanah. Benda tersebut ditarik ke atas dengan gaya 30 N selama 2 detik lalu dilepaskan. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, maka tinggi yang dapat dicapai benda adalah :
- Sebuah benda yang beratnya W meluncur ke bawah dengan kecepatan tetap pada suatu bidang miring kasar. Bidang miring tersebut membentuk sudut 30 derajat dengan horizontal. Koefisien gesekan antara benda dan bidang tersebut adalah ....
- Sebuah benda yang massanya 1200 kg digantungkan pada suatu kawat yang dapat memikul beban maksimum sebesar 15.000 N. Jika percepatan gravitasi bumi sama dengan 10 m/s2, maka harga maksimum percepatan ke atas yang diberikan pada beban itu sama dengan ....
SOAL LATIHAN MID FISIKA KELAS 9
- dua buah muatan masing - masing Q terpisah sejauh d dan bekerja gaya sebesar F, tentukan besar gaya yang bekerja jika muatan diubah menjadi 2Q dan 4Q serta jarak di ubah menjadi 3d!
- tentukan besar gaya elektrostatik yang bekerja pada muatan 5 mikro coulomb dan 4 mikro coulomb yang terpisah sejauh 3 cm!
- jelaskan cara menjadikan benda bermuatan listrik!
- tentukan jarak antara muatan 5 mikro coulomb dan 4 mikro coulomb agar bekerja gaya elektrostatik sebesar 450 N!
- Untuk
memindahkan muatan Q dengan potensial 2 V diperlukan usaha sebesar 20 J , tentukan besar usaha untuk memindahkan muatan 5Q dengan potensial 6V!
- tentukan besar kuat medan listrik suatu titik yang berjarak 5 cm dari muatan 5 mikro Coulomb!
- Tentukan banyaknya elektron yang mengalir melalui suatu rangkaian tiap 3 menit agar dihasilkan arus sebesar 6,4 A! ( 1 elektron = 1,6 x 10-19 C )!
- tentukan besar kuat arus listrik yang dihasilkan jika muatan sebesar 320 C melalui rangkaia listrik selama 4 menit!
- tentukan banyaknya muatan yang melalui suatu rangkaian tiap menit agar dihasilkan arus listrik sebesar 400 mA!
- jelaskan hal - hal yang berhubungan dengan : a. sel volta b. elemen Daniel c. elemen Leclanche d. acumulator / aki e. baterai f. Nicad
- sebutkan hal - hal yang harus diperhatikan dalam pengisian aki!
MATERI UAS IPA - FISIKA
PILIHAN GANDA
41. menentukan besar kuat arus dan tegangan di tiap - tiap cabang dari rangkaian listrik
42. menentukan besaran - besaran pada trafo
43. proses gerak sadar / reflek
44. persilangan dihibrid
45. mikroorganisme yang berperanan dalam proses pembuatan makanan tertentu
- membaca hasil pengukuran
- menentukan massa jenis
- menjelaskan peristiwa pemuaian pada gambar
- menentukan jumlah kalor pada pemanasan benda berdasarkan grafik
- menentukan jenis gerak berdasarkan gambar / grafik
- menentukan besar tekanan balok pada lantai
- menyebutkan urutan perubahan energi pada alat yang ditampilkan pada gambar
- menentukan besar energi potensial
- menggolongkan pesawat sederhana kedalam tuas / bidang miring
- menentukan cepat rambat gelombang transversal
- menentukan sifat / manfaat gelombang bunyi
- menentukan besaran - besaran dari cermin
- menentukan letak benda yang diamati lup untuk mata tidak berakomodasi / mata berakomodasi
- menentukan besar gaya tarik / tolak antara dua muatan
- menentukan besar kuat arus pada tiap - tiap cabang dari suatu rangkaian listrik campuran
- menentukan besar rekening listrik dalam 1 bulan
- menentukan cara pembuatan magnet / kutub magnet yang baru dibuat
- menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi ggl induksi
- menentukan benda langit berdasarkan ciri / gambar
- menentukan dampak dari pemanasan global
- menentukan salah satu ciri makhluk hidup berdasarkan gambar yang ditampilkan
- disajikan gambar / pernyataan tentang kelompok makhluk hidup siswa dapat menentukan ciri yang menjadi dasar pengelompokannya
- siswa mampu memberikan contoh simbiosis / antibiosis
- memberikan contoh usaha/dalam mencegah pencemaran lingkungan
- menjelaskan usaha manusia dalam melestarikan spesies yang hampir punah
- hubungan antara kepadatan populasi dengan lingkungan
- menjelaskan fungsi dari susunan tulang/sendi/otot
- menjelaskan fungsi enzim dalam proses pencernaan makanan
- proses / gangguan dalam sistem peredaran darah
- menjelaskan fungsi dari bagian struktur tumbuhan
- menjelaskan tujuan dari percobaan fotosintesis
- respon tumbuhan terhadap pengaruh dari luar
- pengaruh bahan kimia sintesis pada makanan terhadap kesehatan
- dampak fisik/fisiologis/psikis yang ditimbulkan akibat penggunaan zat aditif / psikotropika
- tahapan / proses pembentukan urine
- fungsi saraf pusat / otonom
- adaptasi
- teknologi reproduksi
- persilangan monohibrid / dihibrid untuk F2
- manfaat hasil bioteknologi
41. menentukan besar kuat arus dan tegangan di tiap - tiap cabang dari rangkaian listrik
42. menentukan besaran - besaran pada trafo
43. proses gerak sadar / reflek
44. persilangan dihibrid
45. mikroorganisme yang berperanan dalam proses pembuatan makanan tertentu
MATERI UJIAN PRAKTEK IPA TERPADU
- Pengukuran volume / massa / waktu
- Menentukan asam dan basa pada suatu bahan
- Menentukan massa jenis zat
- menggunakan mikroskop untuk pengamatan preparat segar atau preparat awetan
- mengklasifikasi hewan hewan atau tumbuhan berdasarkan ciri - ciri yang diamati
- melakukan uji bahan makanan untuk mengetahui adanya amilum / lemak yang terdapat pada makanan tertentu
- melakukan percobaan fotosintesis
- menggolongkan tuas
- menentukan bayangan benda pada cermin atau lensa
- menentukan fungsi otak , sumsum tulang belakang pada carta atau torso
- persilangan monohybrid dan persilangan dihibryd
- menyusun rangkaian seri / paralel
- pengukuran kuat arus dan tegangan pada suatu rangkaian
- menyelidiki timbulnya GGL dan arus induksi
penilaian :
- tujuan ( 5 )
- alat dan bahan ( 5 )
- langkah kerja ( 10 )
- hasil / tabel pengamatan ( 10 )
- jawaban pertanyaan ( 10 )
- kesimpulan ( 10 )
UJI KOMPETENSI KIMIA UNSUR
1. Apa yang dimaksud dengan isotop, isobar , isoton ? berikan contohnya !
2. jelaskan perbedaan antara campuran dan senyawa! berikan juga contohnya.
3. jelaskan perbedaan koloid dan sulpensi !
4. sebuah unsur X memiliki jumlah proton 14, jumlah neutron 15. tulislah lambang unsur tersebut!
5. tulislah nama unsur - unsur dengan lambang : P, Ar, Xe, O !
6. tulislah rumus kimia dari senyawa - senyawa berikut :
a. asam asetat b. karbon monoksida c. natrium klorida d. glukosa
7. jelaskan tata cara penulisan lambang sebuah unsur
8. besi ( Fe ) jika didiamkan dalam waktu tertentu akan berkarat ( Fe2O3 ). sebutkan faktor yang menyebabkan besi berkarat!
2. jelaskan perbedaan antara campuran dan senyawa! berikan juga contohnya.
3. jelaskan perbedaan koloid dan sulpensi !
4. sebuah unsur X memiliki jumlah proton 14, jumlah neutron 15. tulislah lambang unsur tersebut!
5. tulislah nama unsur - unsur dengan lambang : P, Ar, Xe, O !
6. tulislah rumus kimia dari senyawa - senyawa berikut :
a. asam asetat b. karbon monoksida c. natrium klorida d. glukosa
7. jelaskan tata cara penulisan lambang sebuah unsur
8. besi ( Fe ) jika didiamkan dalam waktu tertentu akan berkarat ( Fe2O3 ). sebutkan faktor yang menyebabkan besi berkarat!
Langganan:
Postingan (Atom)
-
Buku merupakan jendela dunia karena dengan kegiatan membaca buku kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. K...
-
1. Sebuah balok berukuran panjang 6 cm, lebar 5 cm dan tinggi 3 cm. setelah ditimbang massanya 630 gram. Tentukan massa jenis benda t...
-
Energi berasal dari kata dalam bahasa Yunani " energia" yang berarti kegiatan atau aktivitas. Kata itu terdiri atas en ( dalam ...