Halaman

Latihan Soal Gaya Gesek dan Gaya Gravitasi

  1. Sebuah benda bermassa 3 kg ditempatkan pada bidang miring dengan kemiringan 450. Jika benda ditarik dengan gaya 50N menuju puncak bidang miring, tentukan besar percepatan benda jika koefisien gesekan benda dengan bidang sebesar 0,1!
  2. Sebuah mobil melewati tikungan kasar dengan kecepatan maksimum 40 km/jam. tentukan besar koefisien gesekan gesekan mobil dengan aspal jalan jika jari - jari lintasan 15 meter untuk tikungan dengan kondisi datar dan tikungan miring dengan kemiringan 30 derajat!
  3. tiga buah benda bermassa 2 kg, 3 kg dan 4 kg menempati titik - titik pada segi tiga ABC dengan panjang sisi AB = 3m , BC = 5m dan AC =6m. tentukan gaya gravitasi yang dialami oleh benda 2 kg yang ditempatkan pada titik A
  4. berat sebuah benda di permukaan bumi 200N. tentukan berat benda tersebut di ketinggian 3r dari permukaan bumi! ( r = jari - jari bumi )
  5. dua buah planet dengan massa jenis sama tetapi memiliki jari - jari dengan perbandingan 2:1. tentukan perbandingan kuat medan gravitasi kedua planet tersebut!
  6. Dua buah benda bermassa 4 kg dan 5 kg, terpisah sejauh 25 cm. sebuah benda bermassa 1 kg ditempatkan diantara kedua benda tersebut. tentukan letak benda tersebut dari benda pertama sehingga mendapatkan medan gravitasi sama dengan nol!
  7. jarak bumi matahari = 3 kali jarak bumi dengan yupiter. jika kala revolusi bumi 1 tahun tentukan kala revolusi yupiter!
  8. tentukan kecepatan orbit sebuah satelit mengintari bumi agar tetap beredar pada lintasannya, jika jaraknya dari permukaan bumi = 2r! ( r = jari - jari bumi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar