Halaman

GELOMBANG BUNYI

  1. Seutas dawaimenghasilkan nada dasar f. Bila dipendekkan 8 cm tanpa mengubah tegangan, dihasilkan frekuensi 1,25f. Jika dawai dipendekkan 2 cm lagi, besar frekuensi yang dihasilkan adalah...... (kunci :1,33f)
  2. Pada suatu hari ketika cepat rambat bunyi sebesar 345 m/s , frekuensi nada dasar suatu pipa organa yang tertutup adalah 220 Hz. Jika nada atas kedua pipa organa tertutup ini panjang gelombangnya sama dengan nada atas ketiga suatu pipa organa terbuka, maka panjang pipa organa terbuka adalah......(Kunci: 63 cm )
  3. Pada suatu percobaan dengan tabung resonansi , ternyata resonansi pertama didapat bila permukaan air di dalam tabung 20 cm dari ujung atas tabung. Resonansi kedua akan terjadi jika jarak permukaan air ke ujung tabung itu......( Kunci : 60 cm )
  4. Bila taraf intensitas percakapan orang adalah 60 dB dan halilintar adalah 100 dB, maka besar kelipatan intensitas suara halilintar terhadap suara percakapan adalah n kali, dengan n sama dengan.....( Kunci : 10.000)
  5. Pada jarak 3 meter dari sumber ledakan terdengar bunyi dengan taraf intensitas 50 dB. Pada jarak 30 meter dari sumber ledakan bunyi itu terdengar dengan taraf intensitas.... ( Kunci : 30dB)
  6. Dua buah dawai baja yang identik memberikan nada dasar dengan frekuensi 400 Hz. Bila tegangan dalam Suatu dawai ditambah sebesar 2 %, besar frekuensi pelayangan yang terjadi adalah......( Kunci : 4 Hz )
  7. Suatu sumber bunyi bergerak dengan kecepatan 10 m/s menjauhi pendengar yang diam. jika frekuensi bunyi 400 Hz, dan kecepatan perambatan bunyi 390 m/s, frekuensi bunyi yang di dengar oleh pengamat adalah....( Kunci : 390 Hz)
  8. Sebuah truck bergerak dengan kecepatan 36 km/jam di belakang sepeda motor. Pada saat truck mengeluarkan bunyi klakson dengan frekuensi 1000 Hz, pengemudi sepeda motor melihat spedometer angka 72 km/jam. Apabila kecepatan bunyi 340 m/s, maka pengemudi sepeda motor akan mendengar klakson dengan frekuensi.... ( Kunci : 970 Hz )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar